Iptu Khoirin: Kesadaran Warga Sebagai Salah satunya Pendukung Terbentuknya Keamanan


Anggota Kepolisian Bidang Klakah Polres Lumajang Jawa Timur, melangsungkan patroli teratur ke penjuru Dusun Kebonan Kecamatan Klakah Lumajang, Minggu (2/4/2023).

Berjumpa dengan beberapa masyarakat, petugas kepolisian waktu itu sampaikan mengenai risiko menggunakan perhiasan terlalu berlebih, ditambah di tempat - tempat jauh dari permukiman dan sepi.

Kapolsek Klakah Iptu Khoirin Hariyanto berbicara, aktivitas itu dirasakan penting. Menurut dia, kesadaran warga sebagai salah satunya pendukung terbentuknya keamanan.

"Siapa saja mengidamkan daerah atau rumah itu aman. Namun hal tersebut akan susah, pada saat terbentuk sudut pandang dalam masyarakat, sesungguhnya keamanan itu hanya tanggung jawabannya polisi. Perlu saya berikan, keamanan sebagai tanggung-jawab kita semua. Perlu kesesuaian berpikir untuk membuat keamanan tersebut. Minimum warga sadar, jika dianya perlu membuat keamanan, minimal dalam diri dan rumahnya," kata Kapolsek.

Dia bercerita, saat patroli, anggotanya menemui wanita separuh baya ( masyarakat di tempat ) kenakan perhiasan berjalan pada jalan dusun di tempat tinggalnya.

"Kami minta masyarakat, supaya bisa menyesuaikan diri pada saat harus menggunakan perhiasan yang bisa dikata lebih banyak dari biasanya. Tidak boleh berlaku begitu di tempat jauh dari permukiman atau di tempat - tempat keramaian seperti pasar dan lain-lain. Karenanya dapat diartikan sebagai penyebab dibanding tindak kejahatan," paparnya.

"Kesadaran itu yang kami gugah. Minimum masyarakat itu jadi polisi untuk dirinya," tegasnya.

Di sisi lain, memicu bebernya, perwira polisi berpangkat dua balok kuning emas itu memperjelas, bila faksinya tidak pernah turunkan tekanan kesiagaan. Konsentrasi pada arah, dia mengharap ada kerja sama yang bagus dari masyarakat diwilayahnya.

"Warga peran dalam usaha penangkalan. Sementara kami terus mengoptimalkan usaha secara global, baik dari usaha penangkalan sampai pengusutan," jelasnya.

Dia memiliki keyakinan, apabila sudah terbentuk kerja sama yang bagus di antara kepolisian dengan warga, kata aman akan diwujudkan. "Kami terus akan datang ditengah-tengah - tengah warga. Dalam program 'Polisi Ketok' yang dilandasi oleh pekerjaan wajib. Selainnya cepat melapor bila ada tanda-tanda kondisi yang penting dilakukan tindakan. Menahan itu lebih bagus," ujarnya.
LihatTutupKomentar